PEMAJUAN VALVE TIMING TERHADAP PENINGKATAN PERBANDINGAN KOMPRESI AKTUAL, TORSI DAN DAYA ; UPAYA UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA MESIN [ PENELITIAN PADA SEPEDA MOTOR HONDA GL PRO NEOTECH ]

Muji Setiyo, Bagiyo Condro P

Abstract


Konsep kendaraan modern adalah terpenuhinya tuntutan tentang daya mesin yang besar, hemat pemakaian bahan bakar, dan rendah kadar emisi gas buang dengan efisiensi mesin yang tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan unjuk kerja mesin adalah dengan meningkatkan tekanan kompresi mesin. Besarnya tekanan kompresi mesin salah satunya ditentukan oleh panjang langkah kompresi aktual.
Sepeda motor Honda GL Pro Neotech 160 cc standar dengan katup masuk ditutup pada 35° setelah TMB memiliki langkah kompresi aktual sepanjang 145° atau 46,07 mm, volume langkah aktualnya sebesar 145,97 dan memiliki perbandingan kompresi aktual sebesar 8,45. Dengan cara memajukan valve timing, penutupan katup hisap menjadi lebih awal, sehingga langkah kompresi aktual menjadi lebih panjang, volume langkah aktual menjadi lebih besar, dan tekanan kompresi meningkat.
Penelitian dilakukan dengan mengkaji secara teori terhadap pengaruh pemajuan valve timing terhadap geometri mesin. Unjuk kerja mesin diuji pada dinamo meter untuk mengetahui output torsi dan daya yang dihasilkan mesin.
Dengan pemajuan valve timing sebesar 10°, diperoleh langkah kompresi sepanjang 47, 74 mm (naik 1,67 mm), dengan volume langkah aktual 151, 27 cc (naik 5,3 cc) dan menghasilkan perbandingan kompresi sebesar 8,72. Penelitian pada 4000 rpm sampai 10000 rpm dengan interval rekam data setiap 250 rpm, mampu meningkatkan torsi rata rata sebesar 3,55 %, dan meningkatkan daya rata rata 3,14 %.
Kata kunci : valve timing, kompresi aktual, daya, torsi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.