Unwahas Menu
Untitled Document

UNWAHAS DIHARAPKAN MAMPU MEREBUT PASAR DUNIA MELALUI RISET


Update   05-09-2015

Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) menyelenggarakan The Seminar and Conference 2015 “The Golden Triangle (Indonesia-India-Tiongkok) Interrelations in Religion, Science, Culture and Economic”.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof M Nasir meminta hasil riset dosen dan mahasiswa tidak boleh berhenti di rak-rak buku atau ditumpuk berdebu di dalam perpustakaan kampus.

Riset harus bisa menjadi alat ampuh bangsa ini memasuki percaturan global. “Jangan sia-siakan penelitian yang telah menguras pikiran, tenaga dan biaya itu. Sudah saatnya hasil riset Bangsa Indonesia benar-benar bisa diaplikasikan dengan baik sebagai modal merebut pasar dunia,” jelas Menteri saat membuka forum seminar The Golden Triangle (Indonesia-India-Tiongkok) Interrelations in Religion, Science, Culture and Economic di Hotel Semesta Semarang baru-baru ini.

Acara ini diselenggarakan oleh Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) dengan mengundang banyak tokoh, akademisi, hingga pejabat penting dalam dan luar negeri. Hadir Prof Dr Pak Nung Wong dari Hongkong University Tiongkok, Prof Talat Ahmad dari Jamia Millia Islamia University India, Muhamad Kashif, M.Phil dari GIFT University Gujran Wala, Pakistan hingga Duta Besar India Gurjit Singh, Prof Dr Kacung Marijan,  Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diwakili Asisten Kesra Sekda Jateng Taufik Hidayat. Selebihnya Nampak Rektor Unwahas Dr Noor Achmad, beserta Wakil Rektor, Ketua Umum Yayasan Wahid Hasyim Semarang H. Suwanto, SE. MM, Dewan Pembina Yayasan H. Achmad, SE, mantan Gubernur Jateng sekaligus Dewan Pengawas Yayasan Wahid Hasyim Ali Mufiz dan ketua MUI Ahmad Darodji.

Menteri menambahkan melalui riset bisa dihasilkan banyak perubahan. Berbagai aplikasi tenologi juga diciptakan dari banyak penelitian mendalam tanpa lelah. Untuk itu, melalui forum seminar yang dihadiri peserta dari dalam dan luar negeri itu diingatkan supaya tak jemu ambil bagian dalam riset dan membangun ilmu pengetahuan. Menteri juga merespon bagus bertemunya kekuatan riset dari Inonesia-India dan Tiongkok dewasa ini. Indonesia yang  merupakan Negara kaya sumber daya alam akan bertemu dengan dua Negara yang risetnya jauh lebih maju.

Gubernur Ganjar melalui Asisten Kesra Taufik Hidayat menyambut baik terobosan Kampus Unwahas yang menyelenggarakan seminar dalam upaya mempertemukan kekuatan tiga Negara. Jateng selama ini juga sudah menjalin kerja sama erat dengan Pemerintah Tiongkok. Kedepan kerja sama itu bisa diperluas dengan pemerintah India.

Rektor Noor Achmad menambahkan bahwa seminar international ini bagian dari kerja sama tiga Negara Indonesia-India-Tiongkok, hal tersebut tercermin dari peran serta para pedagang dari Gujarat India, dalam membantu menyebarkan agama Islam di Nusantara. Sementara peran seorang Laksamana Cheng Ho dalam membantu kerajaan Sriwijaya, yang menjdi cikal bakal Indonesia, dalam melawan bajak laut di perairan Nusantara. Sementara itu kampus memiliki peran yang tidak bisa diabaikan, mengakui sinergi tiga Negara ini menjadi semacam kekuatan besar pada bidang ekonomi, budaya, ilmu pengetahuan, maupun agama. Gurjit Singh pun mengakui Indonesia adalah mitra strategis Pemerintah India. Sinergi berbagai hal dengan Indonesia itu akan memperkuat posisi mereka di kancah percaturan international

Ketua Panitia Dr H Mudzakir Ali MA memohon maaf kepada puluhan calon peserta yang terpaksa tidak bisa mengikuti seminar karena keterbatasan tempat dan ruangan, dalam kesempatan tersebut juga diluncurkan Indian Corner, kerja sama Unwahas dengan Kedutaan Besar India untuk Indonesia. “Insya Allah hasil-hasilnya dari seminar ini akan di publikasikan secara luas agar bisa dipelajari banyak orang” kata Mudzakir. (Nuh)
Untitled Document
 
Untitled Document

FASILITAS


Blog & Jejaring Sosial
Unwahas Digital Library
Learning Center - ELSI
Webmail Unwahas
Wiki Unwahas

FAKULTAS


Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
FKIP
Fakultas Ilmu Sospol
Fakultas Hukum

Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Pasca Sarjana

AKADEMIK


Sikadu Mahasiswa
Sikadu Dosen
Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Kepegawaian
Sistem Informasi Wisuda

Sistem Informasi Tugas Akhir
Unduh KRS-KHS-TRANSKIP

 

KONTAK KAMI


Universitas Wahid Hasyim
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang Telp./Fax : (024) 8505680 (024) 70785578 / 8505681
e-mail : wahidhasyim@unwahas.ac.id
http://www.unwahas.ac.id

©Copyright 2014 UNWAHAS All right Reserved