Unwahas Menu
Untitled Document

Unwahas Berikan Pendidikan Life Skill bagi Santri Putus Sekolah


Update   02-10-2015

Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang memberikan pendidikan life skill bagi santri putus sekolah. Para santri di pondok pesantren Miftahul Huda Desa Padaan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang nantinya akan diberi pelatihan teknik pembuatan kain ikat tenun serta strategi pemasarannya.

Program pengabdian kepada masyarakat ini dimulai sejak Rabu (30 September 2015). Hadir dalam acara pembukaan program di pesantren Miftahul Huda, Dekan Fakultas Agama Islam Unwahas Nur Cholid, M.Ag., M.Pd, para dosen Unwahas, tokoh masyarakat, para santri peserta pendidikan life skill dan Kasi Pekapontren Kabupaten Semarang H. Ahmad Thoha, SH. yang sekaligus akan membuka acara.

Program pengabdian kepada masyarakat ini dijadwalkan akan berlangsung sekitar tiga bulan, terhitung sejak akhir September 2015. Program ini dilakukan oleh Taslim Syahlan, M.Si,  Ma’as Shobirin, M.Pd dan Ali Romdhoni, M.A. Ketiganya merupakan dosen Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang yang memperoleh dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2015.

Nur Cholid dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Unwahas kepada dunia pendidikan Islam, khusunya pesantren. “Saya berharap, para santri bisa secara maksimal mengikuti pelatihan dan kelak melahirkan santri dan kiai yang mandiri,” jelas Dekan FAI Unwahas.

Senada dengan Cholid, Taslim Syahlan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Tidak hanya mengajar mahasiwa di kampus, para dosen juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain menggunakan dana hibah dari Kemenag, kegiatan ini juga akan melibatkan MUI Jateng.

Sementara itu pengasuh pesantren Miftahul Huda, KH. Zaini Zulfa menceritakan, para santri-nya dating dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang berasal dari Papua, Kalimantan dan Sumatera, selain mayoritas dari Pulau Jawa sendiri. Mereka umumnya siswa yang memiliki keterbatasan dalam hal finansial, sehingga tida kuat membayar biaya sekolah. Walhasil, biaya sekolah mereka menjadi beban pesantren dan kiainya.

Pihak Kemenag Kabupaten Semarang menyambut baik inisiatif dari Unwahas yang melibatkan pesantren kecil dan berada di daerah pinggir, seperti pesantren Miftahul Huda ini. “Kegiatan ini sangat membantu dalam mendidik santri yang kurang beruntung, baik secara finansial maupun dalam hal pendidikan”, jelas Ahmad Thoha dalam sambutannya. (Ali Romdhoni).

 

 

Untitled Document
 
Untitled Document

FASILITAS


Blog & Jejaring Sosial
Unwahas Digital Library
Learning Center - ELSI
Webmail Unwahas
Wiki Unwahas

FAKULTAS


Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
FKIP
Fakultas Ilmu Sospol
Fakultas Hukum

Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Pasca Sarjana

AKADEMIK


Sikadu Mahasiswa
Sikadu Dosen
Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Kepegawaian
Sistem Informasi Wisuda

Sistem Informasi Tugas Akhir
Unduh KRS-KHS-TRANSKIP

 

KONTAK KAMI


Universitas Wahid Hasyim
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang Telp./Fax : (024) 8505680 (024) 70785578 / 8505681
e-mail : wahidhasyim@unwahas.ac.id
http://www.unwahas.ac.id

©Copyright 2014 UNWAHAS All right Reserved