Unwahas Menu
Untitled Document

Menghadapi MEA : Prodi Bertanggung Jawab Menjaga Mutu Perkuliahan


Update   07-12-2015
Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang tinggal menunggu beberapa hari, Univeritas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) terus berbenah, karena sebagai Perguruan Tinggi (PT) Unwahas sudah memulai memaksimalkan peran program studi. Sebab Prodi menjadi salah satu pondasi dalam pembentukan kualitas lulusan.
Sekretaris Ditjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemristek Dikti Dr Ir Agus Indarjo MPh menyatakan, pengelola program studi berperan menjaga mutu kuliah. Sebab, kualitas perkuliahan termasuk kompetensi alumni baru akan dicapai melalui entitas ini. “Mengingat betapa besar perannya, maka yang diharuskan mendapatkan akreditasi juga prodi bukan fakultas. Karena itu, penguatan prodi tak lagi bisa ditawar,” tutur Agus pada kuliah umum peningkatan sumber daya manusia menjelang MEA, di kampus Unwahas, Sabtu (6/12).
Kegiatan itu di hadiri Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prof Dr DYP Sugiharto, Wakil Rektor Unwahas Prof Dr Mahmutarom HR SH MH, Drs Zen Yususf MM, Syakur Sag, M.Ag, dekan dan mahasiswa lintas jurusan. Dia menyebutkan prodi menjadi penentu keilmuan. Pasalnya pembentukan kompetensi dan kemampuan pengetahuan mahasiswa berada di tempat ini.
Pengaruhi Daya Saing.
Dalam sambutannya Rektor Unwahas yang di wakili oleh Wakil Rektor I Prof Mahmutarom menyampaikan bahwa Unwahas sudah mempersiapkan mahasiswanya dalam menghadapi MEA sejak lama. Dengan jalan penguatan program studi dan nantinya juga ada sertifikat kompetensi bagi para lulusannya. “Kami inginkan dengan pengelolaan prodi yang baik bisa mencetak alumni yang inovatif. Tidak hanya berbekal kompetensi yang memadai, namun juga dilengkapi karakter dan ketrampilan tambahan,” ungkapnya.  Pemerintah ingin hal ini menjadi perhatian semua pihak. Sebab, prodi yang berhasil mencetak lulusan kompeten akan memengaruhi daya saing bangsa. Tak bisa dimungkiri rendahnya mutu alumni akan menjadikan mereka gampang tergilas arus global.
Koordinator Kopertis Wil VI Prof Sugiharto mengapresiasi dengan  baik langkah Unwahas yang terus menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Hasilnya, sudah banyak mahasiswa mancanegara yang akhirnya bisa kuliah dengan berbagai beasiswa di Unwahas. “Melihat hal ini, saya yakin akan berpengaruh pada sumber daya manusia lulusan Unwahas menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Karena secara umum sudah mengenal kualitas mahasiswa asing,” Ujarnya. Selain hubungan ke luar, yang tak boleh ditinggalkan adalah soal akreditasi. Harapannya nantinya Unwahas bisa bersaing dengan perguruan tinggi lain dengan baik dan terus meningkatkan akreditasinya. Dengan demikian dengan sendirinya mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas.[nuh] 
Untitled Document
 
Untitled Document

FASILITAS


Blog & Jejaring Sosial
Unwahas Digital Library
Learning Center - ELSI
Webmail Unwahas
Wiki Unwahas

FAKULTAS


Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
FKIP
Fakultas Ilmu Sospol
Fakultas Hukum

Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Pasca Sarjana

AKADEMIK


Sikadu Mahasiswa
Sikadu Dosen
Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Kepegawaian
Sistem Informasi Wisuda

Sistem Informasi Tugas Akhir
Unduh KRS-KHS-TRANSKIP

 

KONTAK KAMI


Universitas Wahid Hasyim
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang Telp./Fax : (024) 8505680 (024) 70785578 / 8505681
e-mail : wahidhasyim@unwahas.ac.id
http://www.unwahas.ac.id

©Copyright 2014 UNWAHAS All right Reserved