Unwahas Menu
Untitled Document

Revolusi Mental Menghadapi MEA


Update   22-12-2015
Unwahas-Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah semakin dekat, namun tidak boleh dijadikan ketakutan yang berlebihan. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (kemenristek Dikti) meminta mahasiswa untuk tidak cemas menghadapi pasar  bebas atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), karena Indonesia sebetulnya memiliki sumber daya alam (SDA) sangat lengkap dan melimpah disbanding negara-negara Asean lainnya. Hanya saja perlu peningkatan SDM yang selama ini belum optimal  disbanding negara-negara tetangga. Datangnya era MEA harusnya dijadikan momen wake up call (momen kebangkitan) perlunya kerja keras dan peningkatan kualitas SDM Indonesia. Demikian ditegaskan Direktur  Pembinaan Kelembagaan Dikti Kemenristekdikti Dr Totok Prasetyo BEng MT pada kuliah umum sekaligus pembinaan kepada seluruh civitas akademika di Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang (13/12/15). Selama ini kebanyakan masyarakat Indonesia masih terlena dengan kondisi SDA yang melimpah dengan wilayah yang sangat luas pula yang mengakibatkan sejumlah anggota masyarakat menjadi “relative malas”. Sudah saatnya Indonesia bangkit, kerja keras, dan meninggalkan kemalasan dalam mengisi era MEA, perlu perubahan mental. Mahasiswa sebagai generasi penerus yang akan mengambil alih pengelolaan negara ini harus berlomba meningkatkan kualitas SDM.

Wakil Rektor 1 (Bidang Akademik) Unwahas Prof Dr Mahmutarom menyatakan Unwahas berusaha meningkatkan mutu lulusan lewat sejumlah cara, di antaranya menjalin kerja sama dengan sejumlah Perguruan Tinggi (PT) luar negeri yang berkualitas.  Juga mengirim mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan (PKL) ke luar negeri dan menerima banyak mahasiswa dari luar negeri, di antaranya Timor Leste, Thailand, Afganistan, dan meningkatkan mutu program studi.

Diusulkan Perubahan Nilai Akreditasi

Disampaikan juga bahwa Kemenristek Dikti mewacanakan akan mengubah atau  menyederhanakan sistem penilaian akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang semula dengan A,B,C menjadi terakreditasi dan tidak terakreditasi. Yang membedakan nantinya tidak lagi A,B,C, tetapi masa berlaku akreditasi tersebut berbeda-beda, misalnya bagi Perguruan Tinggi (PT) yang mendapat nilai akreditasi setara dengan A memiliki masa berlaku akreditasi tersebut selama 7 tahun, untuk yang terakreditasi dengan nilai setara B memiliki masa berlaku 4 tahun, dan yang setara dengan C memiliki masa 2 tahun. Selama ini semua masa berlaku akreditasi A, B, C sama, yaitu 5 tahun”, 

Menurutnya, dengan penilaian terakreditasi A, B, C, ada kendala terutama yang mendapat nilai C. Mahasiswa lulusan PT dengan nilai C selama ini sangat susah masuk pegawai negeri sipil atau PNS.  Selama ini,  nilai untuk PT baru dipastikan mendapat nilai C (kalau terakreditasi) karena ada sebagian borang penilaian yang menanyakan tentang mahasiswa dan alumni. Tentu saja hal itu sulit dipenuhi karena PT tersebut masih baru dan belum meluluskan. “ Sebaiknya kriteria menyangkut mahasiswa dan alumni diganti menjadi kriteria manajemen atau yang lainnya sehingga PT baru memungkinkan dapat nilai B atau A”, tandas Totok Prasetyo. Di sisi yang lain pentingnya akreditasi sebagai tolok ukur kompetensi yang dimiliki sebuah perguruan tinggi. Saat ini Unwahas sudah terakreditasi B, dan diharapkan beberapa tahun mendatang harus bisa terakreditasi “A” pungkasnya.
Untitled Document
 
Untitled Document

FASILITAS


Blog & Jejaring Sosial
Unwahas Digital Library
Learning Center - ELSI
Webmail Unwahas
Wiki Unwahas

FAKULTAS


Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
FKIP
Fakultas Ilmu Sospol
Fakultas Hukum

Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Pasca Sarjana

AKADEMIK


Sikadu Mahasiswa
Sikadu Dosen
Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Kepegawaian
Sistem Informasi Wisuda

Sistem Informasi Tugas Akhir
Unduh KRS-KHS-TRANSKIP

 

KONTAK KAMI


Universitas Wahid Hasyim
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang Telp./Fax : (024) 8505680 (024) 70785578 / 8505681
e-mail : wahidhasyim@unwahas.ac.id
http://www.unwahas.ac.id

©Copyright 2014 UNWAHAS All right Reserved