Unwahas Menu
Untitled Document

Hubungan Internasional Unwahas, Perkuat Kajian Uni Eropa


Update   11-02-2016

Unwahas-Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Wahid Hasyim Semarang bekerjasama dengan Komunitas Indonesia untuk kajian Eropa (KIKE) menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema “European Identity and it’s Challenges” dengan Narasumber dalam acara tersebut, yakni Mr. Charles-Michel Geurt (Deputy Head of Delegation, Delegation of the European Union to Indonesia and Bruney Darusalam, Dewi Gustina Tobing (Direktur Kerjasama Intra Regional Amerika & Eropa, Dirjen Amerika & Eropa Kemlu), Muhadi Sugiono (Komunitas Indonesia untuk kajian Eropa yang juga dosen UGM, Eric Gunawan dosen HI Pelita Harapan).

Dalam seminar sekaligus workshop ini untuk menyusun modul perkuliahan Eropa. “Mata kuliah Eropa merupakan salah satu kajian strategis. Karena itu, para pengajar HI perlu menyempurnakan cara pandang, sistem, hingga materi yang akan diberikan untuk perkuliahan. Menurut Ketua Jurusan HI Unwahas Adi Joko Purwanto. Modul perkuliahan yang membahas hubungan Indonesia dengan negara-negara Eropa juga masih sangat beragam. Sebagai contoh sudut pandang membingkai persoalan hubungan antarnegara acap berbeda antara satu universitas dengan universitas lainnya. Belum ada standar pemahaman juga membuat mereka perlu menyajikan modul baru sebagai acuan perkuliahan Keeropaan. Harapannya bertemunya puluhan dosen dari berbagai perguruan tinggi ini memunculkan kisi-kisi untuk mempelajari studi Keeropaan yang lebih baik.

Sementara itu Wakil Rektor 1 Universitas Wahid Hasyim Semarang Prof. Dr. H. Mahmutarom Harun Rasyid, SH, MH. Menyampaikan bahwa upaya penyempurnaan kurikulum yang juga dibarengi dengan workshop oleh para dosen HI sangat penting. Sebab dengan melibatkan kalangan akademisi dari dalam kampus akan tercipta tatanan dunia yang lebih baik. dalam bernegara dan beragama yang perlu dikedepankan adalah prinsip-prinsip toleran, empati, keadilan, dan kebersamaan. “Ini menjadi prinsip dasar yang kita kembangkan di Unwahas. Mengenai konflik kepentingan sudah lama ada, karena sifat “ngalah dan toleran” harus menerima keragaman tersebut, sehingga kita menjadi utuh.

Pernyataan tersebut disampaikan usai membuka acara Seminar Internasional “European Identity and it’s Challenges” dan Workshop Nasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unwahas dengan peserta perguruan tinggi se Indonesia, berlangsung tiga hari di Star Hotel Semarang, dari 4-6 Februari 2016.

Guru Besar Unwahas menjelaskan, negara ini jangan sampai pecah hanya karena persoalan seperti ini. “Jangan dikira orang Indonesia jika muslim semua persoalan akan menjadi selesai. Justru keragaman akan saling menguatkan. Kalau satu komunitas malah menjadikan kebodohan, karena tidak mengenal perbedaan. Dengan perbedaan akan menjadikan kita cerdas, karena ada pembanding.”  

Jadi, kita dalam mengenalkan pendidikan agama tidak sekedar mengajarkan Islam secara tektual., akan tetapi yang  kita inginkan adalah filosofi, “filsafatnya kita beragama apa, tujuan beragama apa. Kalau kita memahami sekedar tektual nanti jadinya hakim, menganggap dirinya paling benar. Tapi kalau secara filosofi kita dapat mengambil hikmah.” tegasnya. melalui pemahaman filosofi akan muncul kesadaran, bahwa hidup beragama ada suatu misi, ada tujuan hidup yang lebih mulia, tidak hanya untuk kepuasaan diri sendiri.

Charles Michel mengakui, mengkaji hubungan antar negara tak luput dari pengaruh budaya dan agama masing-masing bangsa, meski demikian, Eropa sangat menghargai sikap toleransi, keramahtamahan, dan penanaman nilai demokrasi di Indonesia. “Isu yang mewarnai kajian Eropa juga termasuk bagaimana bangsa-bangsa di benua kami masih khawatir adanya aksi teror melibatkan negara-negara Islam. Karena itu, forum semacam ini sangat penting untuk memberikan pencerahan,”.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor II Drs. H.M. ZenYusuf, MM, Wakil Rektor III Drs. H. Syakur, M.Ag, seluruh dekan di lingkungan Unwahas, para mahasiswa HI dan utusan dari 35 perguruan tinggi pengelola program HI di Sumatra hingga Papua. (Nuh).

 

Untitled Document
 
Untitled Document

FASILITAS


Blog & Jejaring Sosial
Unwahas Digital Library
Learning Center - ELSI
Webmail Unwahas
Wiki Unwahas

FAKULTAS


Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
FKIP
Fakultas Ilmu Sospol
Fakultas Hukum

Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Pasca Sarjana

AKADEMIK


Sikadu Mahasiswa
Sikadu Dosen
Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Kepegawaian
Sistem Informasi Wisuda

Sistem Informasi Tugas Akhir
Unduh KRS-KHS-TRANSKIP

 

KONTAK KAMI


Universitas Wahid Hasyim
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang Telp./Fax : (024) 8505680 (024) 70785578 / 8505681
e-mail : wahidhasyim@unwahas.ac.id
http://www.unwahas.ac.id

©Copyright 2014 UNWAHAS All right Reserved