Unwahas Menu
Untitled Document

PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL UNWAHAS PERDALAM DIPLOMASI


Update   24-03-2016

 

Program studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim Semarang, perdalam kajian diplomasi dengan berkunjung ke Kementrian Luar Negeri dan Kedutaan Besar India di Jakarta. Dalam kunjungan ini di pimpin oleh Kepala Laboratorium Diplomasi Unwahas Anna Yulia Hartati, S.IP.,MA. Kunjungan bertujuan menambah wawasan Mahasiswa Hubungan Internasional (HI) mengenai pendekatan diplomasi dalam studi Hubungan Internasional. Mahasiswa dapat memahami dan mendalami lebih lanjut ilmu Diplomasi yang diperoleh dari bangku kuliah, selain itu dapat membangun networking dengan lembaga yang dikunjungi, serta memperoleh informasi peluang karir setelah menyelesaikan studinya.
 
Kunjungan diawali ke Kementerian Luar Negeri RI (Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik). Di sambut baik oleh Josep Sitepu (Diplomat Senior di Direktorat Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri RI), Beliau menyampaikan kepada mahasiswa bahwa, jika ingin menjadi diplomat maka harus dimulai sejak menjadi mahasiswa. Beruntunglah bagi mahasiswa yang sudah memilih jurusan Hubungan Internasional. Mengapa belajar HI? Belajar Hubungan Internasional berarti Ingin menjadi orang yang selalu mendapatkan informasi atau turut menyelesaikan fenomena internasional. Persoalan yang terjadi di dunia selalu membutuhkan penyelesaian yang cepat dan tepat. Penyelasaian yang cepat dan tepat adalah mampu menyelesaikan persoalan tanpa berlarut-larut dan harus dapat meminimalisasi kerugian atau dampak buruk yang akan diakibatkan penyelesaian masalah internasional tersebut. Hal itu menunjukkan bahwa dunia membutuhkan orang-orang yang mampu berpikir global dan bisa memandang sebuah fenomena atau persoalan internasional sebagai hal yang harus dikaji dan diselesaikan. 
 
Kunjungan selanjutnya ke Kedutaan Besar India, Kami diterima oleh DR Shalia Syah (Third Secretary Indian Embassy Jakarta), beliau menyampaikan bahwa kunjungan mahasiswa Hubungan Internasional Unwahas menambah motivasi dan semangat kekeluargaan yang sudah terjalin lama antara dua negara Indonesia dan India. Mahasiswa jurusan HI juga diberi kesempatan untuk belajar kesenian tradisional dan kontemporer India yang berupa tarian dan lagu. Bagi India, Indonesia adalah rumah kedua dan masyarakat India seperti pulang kampung ketika berada di Indonesia. Menurut Ka Lab Diplomasi Unwahas Anna Yulia Hartati, kegiatan ini sebagai kelanjutan dari Indian Corner yang dimiliki oleh Unwahas yang pada bulan Nopember 2015 di resmikan oleh Dubes India MR. Gurjit Sing, dan untuk kedepannya Indian Embassy bisa mensupport kegiatan yang diselenggarakan oleh Indian Corner Unwahas.
 
ICRC (International Commitee of the Red Cross) tidak luput untuk dikunjungi dan disambut oleh Mrs. Marie Claire Ferghali dan Rina selaku kepala ICRC Jakarta. Mahasiswa diperkenalkan cara kerja INGO'S yang terdapat perwakilan di beberapa negara termasuk di Indonesia dan peluang karir di ICRC. Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional memiliki peluang yang sangat besar untuk bergabung dengan ICRC. Untuk menambah wawasan dan jaringan, kegiatan kemahasiswaan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Hubungan International (HIMAHI), dalam acara ini berkunjung ke President University (Jurusan HI). Mahasiswa dan dosen bertukar pengalaman dalam keilmuwan hubungan internasional, dalam kesempatan ini Presiden University di wakili oleh Dr. Hendra Manurung dan Haris, MA. perwakilan jurusan Hubungan Internasional. Secara umum, kegiatan ini mengajak mahasiswa tidak sekedar melakukan kunjungan, akan tetapi melakukan diskusi, menggali informasi sebanyak banyaknya terkait lembaga yang dikunjungi, dan menjajagi peluang kerjasama untuk penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Untitled Document
 
Untitled Document

FASILITAS


Blog & Jejaring Sosial
Unwahas Digital Library
Learning Center - ELSI
Webmail Unwahas
Wiki Unwahas

FAKULTAS


Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
FKIP
Fakultas Ilmu Sospol
Fakultas Hukum

Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Pasca Sarjana

AKADEMIK


Sikadu Mahasiswa
Sikadu Dosen
Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Kepegawaian
Sistem Informasi Wisuda

Sistem Informasi Tugas Akhir
Unduh KRS-KHS-TRANSKIP

 

KONTAK KAMI


Universitas Wahid Hasyim
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang Telp./Fax : (024) 8505680 (024) 70785578 / 8505681
e-mail : wahidhasyim@unwahas.ac.id
http://www.unwahas.ac.id

©Copyright 2014 UNWAHAS All right Reserved