Unwahas Menu
Untitled Document

Kuliah Umum : "Kompetensi Insinyur melalui Sertifikasi"


Update   29-09-2016
Selasa (20/9) Fakultas Teknik Unwahas menggelar Kuliah Umum seputar asosiasi insinyur internasional. Kegiatan untuk menandai dimulainya semester Gasal 2016/2017 ini menghadirkan Wiliam B. Lotz dari International Association of Certified Practicing Engineers (IACPE).
Kegiatan rutin tahunan di Aula Kampus Unwahas Sampangan tersebut diikuti seluruh mahasiswa Fakultas Teknik tiga jurusan, yakni Teknik Mesin, Kimia dan Informatika. Hadir dan sekaligus membuka kuliah umum, Rektor Unwahas Dr. H. Mudzakir Ali, MA. Dalam sambutan pembukaannya, Mudzakir menegaskan pentingnya peningkatan pengembangan personal dan profesional seorang sarjana teknik, salah satunya dengan kompetensi dan sertifikasi.
“Pengembangan kompetensi insinyur yang profesional bisa dicapai dengan berbagai sertifikasi yang dimiliki,” tegasnya. Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Dekan FT Unwahas, Rita Dwi Ratnani, M.Eng menyampaikan bahwa kuliah umum dengan mengundang dosen tamu dari luar negeri, baik dari kalangan akademisi, profesional atau praktisi, rutin dilaksanakan setiap awal semester. Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan wawasan mahasiswa dalam menghadapi tantangan akademik dan dunia kerja.
“Menambah wawasan keilmuwan tentang dunia kerja menjadi tanggung jawab kami dalam mencetak insinyur yang profesional,” tuturnya. Lebih lanjut Dekan FT mengatakan pada semester ini, FT Unwahas mengundang Lotz selaku Vice President IACPE yang juga manager Light Oil Compliance CITGO Petroleum Houston USA. Dengan menghadirkan orang yang berkompeten, diharapkan meningkatnya wawasan mengenai pentingnya kompetensi dan sertifikasi di bidang teknik. Hal ini untuk memacu mahasiswa dan para alumni dalam membekali diri dengan sertifikat keahlian.
“Dengan sertifikasi, sarjana teknik Unwahas bisa mendapatkan pengakuan di dunia internasional,” katanya bersemangat. Kemampuan bahasa asing, terutama Bahasa Inggris harus ditingkatkan. Mulai dari bangku kuliah sampai dunia kerja, tidak lepas dari bahasa internasional ini. Dalam dunia kerja akan banyak ditemui para tenaga kerja dari luar negeri yang berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, imbuh Ratnani di depan ratusan mahasiswa.
Dalam kuliahnya yang berjudul Introduction of Refining , Lotz memaparkan bahwa industri refinery merupakan salah satu industri yang terus berkembang, produk yang dihasilkan juga sangat beragam mulai dari bahan bakar hingga bahan baku industri. Lotz juga menambahkan pentingnya pengakuan keahlian dan sikap seorang insinyur dalam duniakerja. IACPE memberikan sertifikasi kompetensi pada seorang insinyur dalam hal personal, profesional dan networking melalui pengembangan pribadi dan profesional.
Dalam sesi tanya jawab, salah satu mahasiswa Teknik Mesin Mohammad Mahtiar bertanya dalam Bahasa Inggris, "why the refinery industry which be a choice of the topics at a general lecture this time". Lotz menjelaskan bahwa industri ini merupakan industri yang melibatkan banyak engineer, mulai dari mesin, kimia, elektronika, sipil, arsitek, informatika bahkan teknik lingkungan. Sehingga keterlibatan dan kerjasama engineer diperlukan dalam industri ini, pungkasnya.
 
Sumber : Fakultas Teknik, www.teknik.unwahas.ac.id
Untitled Document
 
Untitled Document

FASILITAS


Blog & Jejaring Sosial
Unwahas Digital Library
Learning Center - ELSI
Webmail Unwahas
Wiki Unwahas

FAKULTAS


Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
FKIP
Fakultas Ilmu Sospol
Fakultas Hukum

Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Pasca Sarjana

AKADEMIK


Sikadu Mahasiswa
Sikadu Dosen
Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Kepegawaian
Sistem Informasi Wisuda

Sistem Informasi Tugas Akhir
Unduh KRS-KHS-TRANSKIP

 

KONTAK KAMI


Universitas Wahid Hasyim
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang Telp./Fax : (024) 8505680 (024) 70785578 / 8505681
e-mail : wahidhasyim@unwahas.ac.id
http://www.unwahas.ac.id

©Copyright 2014 UNWAHAS All right Reserved