Unwahas Menu
Untitled Document


Fakultas Teknik berdiri bersamaan dengan berdirinya Universitas Wahid Hasyim. Dengan keputusan Menteri Pendidikan Nasional N0. 124/D/O/2000 tanggal 8 Agustus 2000. Fakultas Teknik mengelola 3 (tiga) Program Studi yaitu :
1. Program Studi Teknik Mesin S-1
2. Program Studi Teknik Kimia S-1
3. Program Studi Teknik Elektronika D III
Visi dan Misi Fakultas Teknik Unwahas
Visi Fakultas Teknik Unversitas Wahid Hasyim Semarang adalah menjadi salah satu Fakultas Teknik yang dikenal dan diakui di tingkat local dan nasional pada tahun 2014.
Misi Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim adalah :
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi di bidang rekayasa teknologi yang berbudaya melalui kegiatan pendidikan dan penelitian secara komprehensif dan professional.
2. Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan bidang rekayasa teknologi yang berbudaya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dunia usaha sesuai dengan tuntutan perkembangan masyarakat.
Tujuan dan Rencana Strategis Fakultas Teknik Unwahas.
Tujuan Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim adalah :
1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan bidang rekayasa teknologi, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian mandiri dan professional.
2. Mengembangkan dan menciptakan teknologi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.
3. Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbudaya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Strategi Umum Fakultas Teknik adalah :
1. Meningkatkan kinerja Fakultas sebagai organisasi pendidikan sehingga berjalan secara sehat, efisien, transparan dan akuntabel.
2. Meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang manajemen, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui pelatihan, lokakarya dan pendidikan lanjut.
3. meningkatkan kualitas pendidikan, kualitas dan kuantitas penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
4. Meningkatkan pendapatan fakultas melalui pemberdayaan sumberdaya fakultas.
5. Peningkatan sarana prasarana pendidikan dan laboratorium yang diupayakan sesuai dengan perkemabangan ilmu dan teknologi serta kebutuhan masyarakat.
6. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan institusi pendidikan, pemerintah, organisasi profesi, kelompok masyarakat dan industry.
7. Menjalin kelangsungan dengan alumni.
8. Memperkenalkan keberadaan fakultas di tingkat local dan nasional sebagai institusi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Fakultas Teknik Univertitas Wahid Hasyim Semarang dikelola secara professional oleh tenaga edukatif dan administrative. Tenaga edukatif yang minimal berpendidikan Magister (S-2) lulusan dalam dan luar negeri senantiasa meningkatkan kemampuannya dalam bidang pengajaran dan penelitian. Hal ini dilakukan dengan dilakukannya dan didelegasikannya dalam kegiatan-kegiatan pelatihan, seminat dan lokakarya.
Untuk menjamin kualitas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang memberikan kebebasan akademik bagi civitas akademika dalam mengaktualisasi potensi akademik yang dimiliki, sehingga diharapkan mampu menghasilkan khasanah keilmuan keteknikan yang Islami dan bermanfaat bagi umat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Fakultas Teknik telah menyusun dan menerapkan penjaminan mutu akademik yang tertuang dalam Dokumen Akademik Fakultas dan Dokumen Penjaminan Mutu Program Studi pada masing masing Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim. Dokumen Akademik Fakultas terdiri dari kebijakan Akademik, Standar Akademik, Peraturan Akademik, Manual Mutu Akademik, Manual Prosedur Penjaminan Mutu Akademik Internal, dan Manual Prosedur Amal.
 FASILITAS
Perpustakaan Fakultas Teknik memiliki koleksi terdiri dari buku fisik, buku digital terkait dengan buku-buku keteknikan sesuai dengan kurikulum pada masing masing program studi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, Jurnal dan dokumen-dokumen fakultas. Pelayananan yang diberikan meliputi peminjaman buku dan akses internet.
Laboratorium Teknik Mesin  yaitu Laboratorium Perancangan,  Laboratorium Proses Produksi, Laboratorium Material, dan Laboratorium Energi.
Laboratorium Teknik Kimia yaitu Laboratorium Kimia Analis, Laboratorium Kimia Organik, Laboratorium Kimia Fisika, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Proses, Laboratorium Operasi Teknik Kimia dan sedang dikembangkan Laboratorium Pengolahan Bahan Makanan dan Laboratorium Pengolahan Limbah.
Laboratorium Teknik Elektronika yaitu : Laboratorium Instrumentasi, laboratorium Pengukuran Teknik, LAboratorium Multimedia dan sedang dikembangkan Laboratorium Elektronika Analog dan Laboratorium Mikrokontroler.
Fakultas Teknik telaj membuka pusat pengembangan yang fungsi utamanya menunjang peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diharapkan dapat membiayai aktivitasnya sendiri. Pusat-pusat pengembangan yang telah ada adalah :
1. Pusat informasi dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna (PIP-TTG). Lembaga ini menekankan pada pengembangan Teknologi Tepat Guna dan sosialisasi serta pemanfaatan bagi masyarakat. Lembaga ini merupakan lembaga lintas fakultas di lingkungan Universitas Wahid Hasyim.
2. Unit Pelatihan Ketrampilan. Unit dini dikembangkan dalam upay meningkatkan ketrampilan bagi masyarakat umum (usia produktif) daam bidang produksi. Jenis ketrampilan yang diselenggarakan adalah proses permesinan konvensional dan CNC (Computer Numerical Control).
3. Unit analisis ilmiah. Dengan menggunakan peralatan laboratorium serta sumberdaya yang dimiliki mampu menganalisa dengan menggunakan peralatan Microscope Metallurgy/Metalograpy, Brinell Hardness Tester, Surface Rougness, Gas Chromatography, Steam distillation unit Kjeldahl, Refraktomete dan lain-lain.
4. Unit Produksi. Dengan menggunakan peralatan produksi yang dimiliki mampu membuat berbagai peralatan dengan bahan dasar logam.
5. Pusat Kajian Energi Terbarukan. Pusat kajian ini berkedudukan di bawah fakultas sebagai sarana penelitian, pengembangan dan desimilasi ilmu pengetahuan terutama yang terkait dengan pemanfaatan hasil alam sebagai energy terbarukan.
6. Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M). Tujuan dasar dari lembaga ini adalah untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkedudukan di tingkat universitas. Di tingkat Fakultas Teknik dibentuk coordinator penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
7. Pusat penerbitan ilmiah, Lembaga ini berperan dalam pengembangan ketrampilan penulisan karya ilmiah dari staf akademik. Berdasarkan peran tersebut kegiatan lembaga ini terutama menerbitkan jurnal ilmiah fakultas teknik.

PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN
Visi Program Studi Teknik Mesin
Menjadi Program Studi Teknik Mesin yang dikenak dandiakui mempunyai keunggulan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan rekayasa Teknologi Tepat Guna (TTG) di tingkat local dan nasional.
Misi Program Studi Teknik Mesin
1. menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan rekaya Teknologi Tepat Guna (TTG) melalui kegiatan pendidikan dan penelitian.
2. Menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan rekayasa Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dunia usaha sesuai dengan tuntutan perkembangan masyarakat.
Tujuan Program Studi Teknik Mesin 
Program pendidikan yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Mesin bertujuan :
1. Menghasilkan Sarjana Teknik Mesin yang menguasai ilmu pengetahuan dan rekayasa Teknologi Tepat Guna (TTG), yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian, mandiri dan professional.
2. Mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan dan rekayasa Teknologi Tepat Guna (TTG) sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.
3. Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan rekayasa Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
FASILITAS
1. Laboratorium Perancangan.
Meliputi : Laboratorium Gambar Teknik, Laboratorium Fisika, Laboratorium Pnumatik Hidroik dan Laboratorium Teknik Tenaga Listrik.
2. Laboratorium Proses Produksi.
Meliputi : Laboratorium Pengecoran, dan Laboratorium Produksi..
3. Laboratorium Material
Meliputi : Laboratorium Analisa dan Pengujian Bahan Teknik.
4. Laboratorium Energi.
Meliputi : Laboratorium Fenomena Dasar Mesin dan Prestasi Mesin.
Ketrampilan Managerial dan Sikap (Manegerial skill and Attitude)
a. Menjunjung tinggi norma tata nilai, moral agama, etika dan tanggungjawab profesional.
b. Mampu berkomunikasi secara efektif.
c. Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
d. Mampu untuk mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara professional.
e. Mampu bekerja sama maupu mandiri dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja.
f. Siap untuk dilatih.
Kompetensi Lulusan Program Studi Teknik Mesin.
1. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)
a. Mengerti dan memahami sains dasar, yaitu matematika, fisika, kimia.
b. Menguasai dan memahami perancangan konstruksi mesin, system konversi energy, sifat dan karakteristik material teknik serta proses produksi.
c. Menguasai dan memahami teknologi informasi.
2. Ketrampilan Intelektual (Intelectual Skill).
a. Menguasai penerapan sains dasar, pengukuran dan pengaturan.
b. Menguasai perancangan konstruksi mesin dan teknologi tepat guna.
c. Menguasai pemilihan bahan dan proses.
d. Menguasai perancangan system konversi energy sesuai dengan kebutuhan.
3. Ketrampilan Praktis (Practical Skill)
a. Menguasai secara aktif pengoperasian komputer untuk mendukung keteknikan dan mampu memanfaatkan teknologi informasi.
b. Menguasai perancangan dan pembuatan mesin teknologi tepat guna.
c. Menguasai manajemen industry dan kewirausahaan.
d. Menguasai Bahasa Inggris secara aktif.
 
Program Studi Teknik Kimia
Visi Program Studi Teknik Kimia
Visi Program Studi Teknik Kimia yaitu menjadi program studi yang terkemuka dalam pengembangan dan inovasi dibidang teknik kimia untuk memberikan kontribusi kepada industry dan masyarakat baik tingkat regional maupun nasional serta terbuka terhadap perubahan dan perkembangan masyarakat.
Misi Program Studi Teknik Kimia
Misi Program Studi Teknik Kimia yaitu :
1. Menyelenggarakan pendidikan untuk mencetak sarjana Teknik Kimia yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang profesional, bertaqwa dan berbudaya.
2. Mampu mengembangkan diri menjadi pusat penelitian dan pengembangan teknologi kimia dan teknplogi tepat guna, menjadi mitra masyarakat, pemerintah dan industri dalam menyelesaikan persoalan-persoalan dibidang teknplogi proses kimia dan teknologi tepat guna.
FASILITAS
Laboratorium Kimia Analisis, Laboratorium Kimia rganik, Laboratorium Kimia Fisika, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Proses, Laboratorium Operasi Teknik Kimia dan sedang dikembangkan Laboratorium Pengolahan Bahan Makanan dan Laboratorium Pengolahan Limbah.
Kompetensi Lulusan Program Studi Teknik Kimia :
1. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)
a. Mengerti dan memahami sains dasar, yaitu matematika, fisika, kimia.
b. Mengerti dan memahami system pengolahan bahan makanan.
c. Mengerti dan memahami diversifikasi bahan makanan.
d. Mengerti dan memahami cara perancangan alat proses pengolah bahan makanan.
e. Mengerti dan memahami proses analisa kandungan bahan-bahan makanan.
2. Ketrampilan Intelektual (Intelectual Skill).
a. Menguasai penerapan sains dasar.
b. Menguasai perancangan system pengolahan bahan makanan..
c. Menguasai perancangan dasar alat proses pengolahan bahan makanan.
d. Menguasai penerapan proses analisa kandungan bahan makanan.
3. Ketrampilan Praktis (Practical Skill)
a. Menguasai secara aktif pengoperasian komputer, baik sebagai unit terpisah maupun dalam system jaringan dan mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan teknik kimia. 
b. Memiliki jiwa wira usaha.
4. Ketrampilan Manajerial dan Sikap (Managerial Skill and Attitude)
a. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, stika dan tanggung jawab professional.
b. Mampu berkomunikasi secara efektif
c. Mengerti dampak penyelesaian teknik kimia dalam konteks masyarakat.
d. Mengerti isu-isu keteknikkimiaan yang sedang berkembang.
e. Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
f. Mampu untuk mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara professional.
g. Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara professional.
 
Program Studi Teknik Informatika
Visi PSTI (Program Studi Teknik Informatika) Unwahas adalah :
Dikenal dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan rekayasa teknologi di bidang teknik Informatika di tingkat regional dengan nilai-nilai Islam Ahlussunnah Wal Jamaah di tahun 2025.
Misi PSTI (Program Studi Teknik Informatika) Unwahas adalah Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Teknik Informatika yang berkualitas untuk mencetak sarjana Teknik Informatika. yang bertakwa dan berbudaya, professional, berkarakter serta mampu berwirausaha.
1. Menyelenggarakan, mengembangkan, menerapkan dan mempublikasikan hasil penelitian berbasis kearifan lokal.
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian pada masyarakat berbasis kearifan lokal.
3. Menjadi mitra melalui kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan industri dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di bidang Teknik Informatika.
4. Melaksanakan good governance dalam pengelolaan jurusan.

Tujuan
Tujuan penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika adalah :
a. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan bidang teknologi informatika yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter, berkepribadian, mandiri dan profesional.
b. Mengembangkan dan menciptakan teknologi informatika sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.
c. Menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pegetahuan dan teknologi yang berbudaya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Manfaat
Program Studi Teknik Informatika diharapkan memberikan manfaat berupa :
a. Tersedianya tenaga ahli bidang teknologi informatika yang professional dan memenuhi standar stakeholder.
b. Tersedianya tenaga ahli bidang teknologi informatika yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan masyarakat.
c. Memberikan peluang bagi lulusan SLTA untuk studi lanjut dibidang pendidikan tinggi teknologi informatika.
d. Membantu masyarakat dan pemerintah dalam meningkatan kualifikasi tenaga teknologi informatika dari jenjang diploma ke jenjang Strata 1
e. Terwujudnya pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang teknologi informatika dalam rangka meningkatkan peran institusi melalui pengembangan kegiatan akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Fasilitas Laboratorium T. Informatika
1. Laboratorium Komputer Dasar
2. Laboratorium Komputer Lanjut
3. Laboratorium Jaringan
4. Laboratorium Multimedia


Untitled Document
 
 
Untitled Document

FASILITAS


Blog & Jejaring Sosial
Unwahas Digital Library
Learning Center - ELSI
Webmail Unwahas
Wiki Unwahas

FAKULTAS


Fakultas Agama Islam
Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
FKIP
Fakultas Ilmu Sospol
Fakultas Hukum

Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Pasca Sarjana

AKADEMIK


Sikadu Mahasiswa
Sikadu Dosen
Sistem Informasi Akademik
Sistem Informasi Kepegawaian
Sistem Informasi Wisuda

Sistem Informasi Tugas Akhir
Unduh KRS-KHS-TRANSKIP

 

KONTAK KAMI


Universitas Wahid Hasyim
Jl. Menoreh Tengah X/22 Sampangan Semarang Telp./Fax : (024) 8505680 (024) 70785578 / 8505681
e-mail : wahidhasyim@unwahas.ac.id
http://www.unwahas.ac.id

©Copyright 2014 UNWAHAS All right Reserved